jembatan barelang batam








jembatan barelang sebagai salah satu kebanggaan pulau batam...menghubungkan pulau-pulau kecil disekitar pulau batam,BARELANG sendiri diambil dari nama-nama pulau yang dihubungkan oleh jembatan tersebut.. yaitu pulau BATAM..REMPANG..GALANG.. maka terbentuklah sebuah nama untuk jembatan tersebut...BARELANG.

Belum lengkap rasanya kalau datang ke pulau batam tanpa singgah di jembatan tersebut..karena jembatan barelang juga dijadikan simbul/logo pemerintahan kota batam.
tempat-tempat wisata disekitar jembatan barelang juga sangat menarik untuk dikunjungi.. seperti.. perkampungan vietnam,pantai melayu..dan lebih jauh lagi kita akan sampai di pantai melur.. dan masih banyak lagi tempat-tempat wisata yang terdapat dipulau batam..pantai marina yang lebih dikenal dengan nama marina water front.. pantai nongsa.. pantai sekilak.. hampir semua tempat wisata adalah pantai karena pulau batam adalah pulau yang terdapat di daerah KEPRI(kepulauan Riau).

Untuk menuju ke lokasi jembatan barelang tidaklah sulit, hanya dengan jarak sekitar 20 km dari pusat kota, kita sudah dapat melihat rangkaian dari enam jembatan yang kalau dihubungkan secara total memiliki panjang mencapai 2 km. Seluruh jembatan ini katanya selesai dibangun tahun 1992, dan memiliki nama yang diambil dari nama raja-raja yang dulunya berkuasa di Melayu-Riau (abad 15-18)
Keenam jembatan tsb antara lain:
• Jembatan Tengku Fisabilillah: menghubungkan P. Batam dengan P. Tonton dan memiliki lebar tinggi 642 x 350 x 38 meter. Jembatan inilah yang orang2 bilang mirip goldengatenya San Fransisco lantaran cable staynya menjuntai nan megahnya
• Jembatan Narasinga: menghubungkan P. Tonton dengan P. Nipah, berbentuk lurus tanpa lengkungan dan memiliki panjang lebar tinggi 420 x 160 x 15 meter
• Jembatan Ali Haji: menghubungkan P. Nipah dengan P. Setokok dan memiliki panjang lebar tinggi 270 x 45 x 15 meter.
• Jembatan Sultan Zainal Abidin: menghubungkan P. Setokok dengan P. Rempang dan memiliki panjang lebar tinggi 365 x 145 x 16.5 meter.
• Jembatan Tuanku Tambusai: menghubungkan P.Rempang dengan P. Galang dan memiliki panjang lebar tinggi 385 x 245 x 31 meter.
• Jembatan Raja Kecil: menghubungkan P. Galang dengan P. Galang Baru dan memiliki panjang lebar tinggi 180 x 45 x 9.5 meter.
kalau sempet lewat jembatan2 ini, coba deh mentok sampe ke P. Galang. Konon kabarnya, 30 tahun lalu pulau ini pernah menjadi tempat penampungan 250 ribu “manusia perahu” dari vietnam. dan merekalah yang menjadi penghuni di P. Galang sejak 1975 sampe 1996.

. Welcome to San Fansisco “Batam” Golden Gate
Begitu kira-kira teriakan kami begitu menginjakkan kaki di punggung jembatan yang menghubungkan pulau Batam dengan pulau Tonton ini. Sebenarnya kami pun belum pernah melihat San Fransisco Golden Gate yang terkenal di Amerika Serikat tersebut. Kami hanya menyaksikannya sesekali dalam beberapa film box office yang pernah kami saksikan.
Jembatan satu, begitu sebagian warga sini menyebutnya karena posisi jembatan ini adalah yang pertama dari enam rangkaian jembatan Barelang. Sedangkan nama asli dari jembatan ini sendiri adalah Jembatan Tengku Fisabilillah, diambil dari salah satu nama Raja yang pernah berkuasa di kerajaan Melayu Riau.
Selain menikmati kemegahan jembatan yang dibangun sejak tahun 1992 tersebut, dari sekitar jembatan Barelang kita juga disuguhi pemandangan laut yang eksotis dengan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Sesekali melintas perahu nelayan yang terlihat sangat kecil karena tingginya jembatan yang kini juga memiliki fungsi sebagai tempat wisata.
Banyak warga batam yang sekedar menghabiskan waktu liburnya mengunjungi jembatan tersebut… selain melihat kemegahan jembatan tersebut kitajuga disuguhi pemandangn pantai yang elok.

Postingan populer dari blog ini

Kompor Magelang

BLANGKON